Senin, 02 Juli 2012

Museum Seni Asia Pamerkan Batik Indonesia

Museum Seni Asia Fukuoka, Jepang, memamerkan keindahan kain batik Indonesia dengan menampilkan karya desainer terkemuka Jepang, Yoshiko Fukagawa, yang memadukan batik dengan kain tradisional Jepang.
"Merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena batik, sebuah karya anak bangsa, dapat hadir di museum ternama di Jepang," kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Osaka, Rosiana Christian Frederick, dalam keterangan tertulis Kementerian Perdagangan yang diterima di Jakarta, Senin.
Menurut Rosiana, musium yang berdiri di jantung kota Fukuoka sejak 1979 itu merupakan galeri seni modern abad ke-20 yang banyak memamerkan karya-karya seniman ternama Jepang dan sejumlah legendaris dunia.
Ia memaparkan, penampilan karya Indonesia ini adalah yang kedua kalinya di Musium Seni Asia Fukuoka, setelah pada 1999, musium ini menggelar karya mendiang pelukis Indonesia, Affandi.
Pameran bertema "Selamat Berbatik" itu berlangsung selama enam hari pada 21-26 Juni 2012 di areal seluas 697 meter persegi, dan secara khusus menampilkan karya Yoshiko Fukagawa.
"Yoshiko Fukagawa seorang designer ternama Jepang yang memadukan kain batik dan kain tradisional Jepang menjadi suatu fesyen berkelas internasional," katanya.
Rosiana juga menuturkan, animo pengunjung "Selamat Berbatik" terbilang cukup tinggi terutama terlihat dari antusiasme pengunjung wanita yang mencoba mengenakan pakaian batik, perhiasan ataupun cinderamata yang dipamerkan.
Selain itu, lanjutnya, pameran tersebut berhasil memperoleh transaksi sebesar 1,2 juta Yen (Rp141,6 juta). "Seluruh bahan dasar karya Ms. Fukagawa dalam pameran ini diambil langsung dari beberapa usaha kecil dan menengah (UKM) di Yogyakarta dan Pekalongan, seperti Batik Feno dan Batik Arina," kata Rosiana.
Pameran batik itu turut didukung untaian perhiasan mutiara karya Aulia Jewelry, dompet karya Sumba Art, tas batik, payung batik dan berbagai aksesoris pendukung hasil dari pengrajin UKM Yogyakarta.
Rosiana menjelaskan, hal unik yang menarik banyak perhatian para pengunjung pada pameran batik kali ini adalah adanya demonstrasi membatik, sehingga para pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan batik dan mencoba membatik menggunakan canting.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons