Senin, 02 Juli 2012

Fraksi-fraksi DPR Pecah soal Gedung Baru KPK

Anggota Komisi III Bidang Hukum DPR Sarifudin Suding menyatakan fraksi-fraksi di parlemen berbeda pandangan soal rencana pembangunan gedung KPK yang sampai saat ini belum terealisasi lantaran Komisi III belum mencabut tanda bintang dalam rencana anggaran terkait itu di APBN-Perubahan 2012.

Tanda bintang yang dibubuhkan Komisi III menandakan soal rencana pembangunan gedung baru KPK masih dibahas oleh DPR sehingga dana belum bisa dicairkan oleh pemerintah. “Fraksi-fraksi sudah mengajukan pandangan mini. Masing-masing fraksi punya pandangan berbeda,” kata Suding di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 3 Juli 2012.

Sebagai anggota Fraksi Hanura, Suding mengatakan fraksinya mendukung pembangunan gedung baru KPK. “Hanura setuju dengan pengadaan gedung baru dan meminta tanda bintang itu dicabut,” kata dia. Menurutnya, lebih baik dana pembangunan gedung KPK dikucurkan oleh pemerintah ketimbang dari penggalangan dana masyarakat.

Apapun, pernyataan Suding ini bertolak belakang dengan keterangan Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin dalam rapat Komisi III DPR, Senin 2 Juli 2012, yang menegaskan seluruh fraksi meminta Kementerian Keuangan mencarikan gedung kosong milik pemerintah untuk ditempati KPK. Komisi III tidak merekomendasikan KPK untuk membangun gedung baru.

“Sembilan fraksi mengusulkan untuk berkoordinasi dengan Menteri Keuangan dan Dirjen Kekayaan Negara untuk memanfaatkan gedung yang masih bisa dimanfaatkkan,” kata Azis. Tanda bintang terhadap rencana pembangunan gedung KPK itu sendiri dibubuhkan Komisi III sejak periode lalu, tepatnya tahun 2008, saat komisi itu masih dipimpin oleh Trimedya Panjaitan.

Menteri Keuangan sendiri sebelumnya menyatakan mendukung pembangunan gedung KPK. Agus Martowardojo berpendapat pembangunan gedung KPK merupakan salah satu upaya KPK meningkatkan kinerja di masa mendatang. “Saya optimis semua pihak harus mendukung KPK,” kata dia. (adi)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons